Rabu, 02 Desember 2009

CONTOH PENANAMAN & PEMBIASAAN AKHLAK PADA ANAK TK



Sikap saling menghormati, menyayangi, dan membantu terhadap sesama itulah sikap yang akan selamanya dibawa baik dalam lingkungan sekolah, masyarakat dan bergaul terhadap teman sebayanya. Dengan demikian civitas akademika KB, TK-SD ALKHOIRIYAH WATES selalu berusaha menanamkan sikap untuk bertanggung jawab, saling menghormati, dan membantu sesama yang sedang mendapatkan musibah.

Tanggung jawab, tanggung jawab adalah merupakan salah satu akhlak yang terpuji dan juga merupakan akhlak yang menunjang kedisiplinan santri dalam mengerjakan dan melaksanakan tugasnya, juga tidak menutup kemungkinan merupakan sikap untuk menyayangi benda yang telah menjadi milik pribadinya. Sikap tanggung jawab kami tanamkan kepada santri dengan cara memberi mereka perpustakaan kelas yang mana pada setiap kelas tersedia 20-30 buku bacaan yang akan di ganti tiap satu minggu sekali dan juga menjadi tanggung jawab kelas setiap kelas bila ada kerusakan buku atau hilang (secara tidak langsung mendidik santri untuk disiplin mengembalikan buku pada tempatnya setelah membacanya). Tanggung jawab pribadi juga kita ajarkan kepada santri dengan cara menaruh tas dan peralatan pribadi (alat sholat, sikat gigi, dsb) didalam loker yang tersedia pada setiap kelas santri.

Saling menghormati, menghormati sesama adalah merupakan akhlak yang menentukan santri itu berhasil atau tidak dalam proses belajar di sekolah ataupun dirumah dengan orang tua, dengan kata lain sekolah dan rumah merupakan lingkungan belajar santri yang sangat berpengaruh nantinya pada waktu santri(anak didik) terjun keluar masyarakat untuk bersosialisasi dengan orang yang berbeda yang tentunya mempunyai berbagai macam karakter baik dan buruk. dalam penaman akhlak kepada santri haruslah sering ditanamkan dengan pola pembelajaran disekolah dan perhatian orang tua dirumah yang mempunyai alur seimbang baik disekolah ataupun dilingkungan keluarga.

Saling berbagi, Saling berbagi dengan sesama juga merupakan sikap yang penting sekali untuk ditanamkan kepada anak agar mereka belajar ikut merasakan penderitaan yang ada disekitar mereka. Penaman sikap saling berbagi yang diterapkan KB, TK-SD Bertaraf Internasional ALKHOIRIYAH WATES -Jawa Timur salah satu contohnya yaitu amal setiap hari Jum’at (Jum’at Shodaqoh) yang di kelilingkan oleh santri setiap kelas yang nantinya hasil dari pengumpulan Shodaqoh itu di berikan kepada sesama yang membutuhkan. Baru-baru ini pula seluruh civitas akademika KB, TK-SD Bertaraf Internasional ALKHOIRIYAH WATES Mengumpulkan bantuan untuk korban bencana yang akhir-akhir ini melanda Negeri Tercinta Indonesia untuk disalurkan melalui agen surat kabar di Malang Raya (Malang Post). dengan demikian kami semua berharap agar santri mengetahui bentuk bantuan apa saja yang bisa kita berikan kepada sesama yang membutuhkan selain uang.

Dengan cara dan metode diatas kami melakukan penempaan akhlak kepada santri yang alhamdulillah hasil dari point diatas memuaskan bagi kami walaupun masih ada beberapa hal yang harus kami kaji kembali.

0 komentar:

Posting Komentar